PEMANFAATAN TEKHNOLOGI DI DALAM BUDAYA INDONESIA 2



SEJARAH PERKEMBANGAN “DETIK,MENIT,DAN JAM DARI MASA KE MASA

Detik, menit, dan jam merupakan suatu hal yang biasa bagi manusia pada saat ini. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan perkembangan jam dari waktu ke waktu. Saat ini kita dapat menentukan waktu dengan menggunakan jam yang sudah menjadi barang biasa dalam kehidupan.
Saat ini jam merupakan barang sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan dari kehidupan manusia. Setiap manusia membutuhkan jam untuk melancarkan kegiatan mereka sehari-hari. Tanpa jam, manusia akan buta terhadap waktu. Manusia tidak akan tahu kapan ia harus bersekolah, bekerja, tidur, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Oleh karena itu, jam sangat membantu dan bermanfaat dalam kegiatan manusia sehari-hari agar mereka dapat melaksanakan kegiatan mereka tepat waktu dan sesuai dengan jadwal yang mereka persiapkan sehingga dapat melaksanakan kegiatan secara efektif.
Namun jam itu sendiri tak lepas dari perkembangan yang sangat panjang dari waktu ke waktu mulai dari jam yang sederhana hingga jam yang canggih pada saat ini.
Kata jam itu sendiri telah digunakan sejak abad ke-14. Kata jam berasal dari bahasa inggris yaitu ‘clock’ dan bahasa latin yaitu ‘clocca’ sebagai alat penentu waktu. Pada saaat ini jam telah mengalami beberapa perkembangan jenis dan bentuknya. Jenis-jenis jam yang pernah diketahui oleh manusia adalah jam matahari, jam air, jam pasir, jam atom, jam saku, jam weker, jam dinding, serta jam tangan.
Berikut adalah perkembangan jam dari waktu ke waktu.

  1.   Jam Matahari              
Jam matahari adalah jam yang paling pertama ditemukan oleh manusia dan merupakan cikal bakal dari jam yang kita ketahui sekarang. Jam matahari (sundial) adalah alat yang digunakan sebagai penunjuk waktu dengan memanfaatkan keberadaan matahari yang menghasilkan bayang-bayang sebuah gnomon (batang atau lempengan yang bayang-bayangnya digunakan sebagai petunjuk waktu). Gnomon tersebut dipasang sedemikian rupa sehingga sejajar dengan sumbu bumi, menunjuk ke arah kutub-kutub langit. Pada saat jam matahari tersebut terkena sinar matahari, bayang-bayang gnomon jatuh diatas sebuah bidang bertanda (bidang dial). Waktu pun dapat diketahui dengan membaca di bagian mana jatuhnya bayang-bayang gnomon tersebut pada bidang dial. Selain itu dengan beberapa variasi rancangan, jam matahari juga dapat menunjukkan waktu musim panas. Namun jam matahari memiliki kelemahan yaitu tidak dapat menghitung waktu pada malam hari karena tidak adanya matahari pada saat malam hari.
Sekitar tahun 3500 SM masyarakat mulai menggunakan jam matahari sebagai penanda waktu dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi jam matahari itu sendiri turut berkembang diantara kebudayaan kuno Babylonia, Yunani, Mesir dan Romawi. Jam matahari juga berkembang di Timur seperti Cina dan Jepang, namun tidak ada yang tahu pasti akan perkembangan jam matahari di barat. Setiap jam matahari juga memiliki perbedaan dalam bentuk dan penempatannya. Perbedaan ini mencerminkan bagaimana perkembangan pengetahuan astronomi dan matematika suatu bangsa tersebut saat itu.
Jam matahari tertua yang pernah ditemukan banyak yang berasal dari Yunani. Jam matahari tersebut berupa sebuah bentukan sirkular dengan penanda di tengah yang ditemukan oleh Chaldean Berosis. Beberapa artefak jam matahari lain juga ditemukan, di Tivoli Italy tahun 1746, di Castel Nuovo tahun 1751, di Rigano tahun 1751, dan di Pompeii tahun 1762.
Dan di tahun 1728, Jantar Mantar, seorang astronom, menemukan jam matahari kuno dengan tinggi gnomon sekitar 30 m, di kota Jaipur, India. Sampai saat ini, jam matahari di Jaipur terkenal sebagai jam matahari horizontal terbesar.
Pada saat ini jam matahari masih digunakan oleh berbagai orang namun lebih sebagai ornamen yang memberikan kesan antik, indah, serta sejarah dan perkembangan jam dari masa ke masa. Selain itu jam matahari juga banyak dibangun dan digunakan sebagai landmark atau elemen penanda dalam tata taman universitas-universitas ternama seperti pada Cambridge tahun 1642, yang terus dikembangkan hingga sekarang. Seorang fisikawan Sir Isaac Newton (1642-1727) turut terlibat dalam pembuatan jam matahari yang terdapat di Cambridge tersebut. 



2.     Jam Pasir

Perkembangan jam selanjutnya setelah jam matahari adalah jam pasir. Jam ini juga cukup terkenal di kalangan masyarakat meskipun termasuk jam yang tradisional. Perkembangan jam ini dimulai pada tahun 1300 SM. Pada tahun 1300 SM seorang cteribus berasal dari Alexsandria menciptakan jam yang menggunakan komponen pasir. Hal ini dikarenakan pasir yang mudah ditemui di berbagai tempat sehingga memudahkan dalam pembuatan jam ini.
Jam pasir ini terdiri dari dua tabung gelas yang terhubung dengan sebuah jalur sempit sebagai perantaranya.Salah satu tabung biasanya diisi dengan pasir yang kemudian mengalir melalui jalur sempit tersebut menuju tabung dibawahnya dengan laju yang teratur. Ketika pasir telah mengisi penuh tabung bawah, alat ini biasa di balik secara 180 derajat sehingga dapat digunakan kembali sebagai pengatur waktu.


3.     Jam Air

Jam air merupakan salah satu jenis jam yang ditemukan oleh manusia dalam perjalanan perkembangan jam dari masa ke masa. Tidak ada yang tahu pasti akan waktu penemuan jam air ini namun jam air ini telah berperan penting dalam perkembangan jam apalagi di dalam dunia Islam karena jam air paling canggih ditemukan oleh salah satu ilmuwan Islam.
Jam air yang pertama kali ditemukan bentuknya masih sangat sederhana. Jam tersebut hanya terbentuk dari bahan baku berupa tanah lempung maupun yang berbentuk jamban batu berisi air. Di dekat bagian dasar kendi,  terdapat sebuah lubang yang berukuran sangat kecil tempat menetesnya air yang berasal dari kendi di atasnya. Orang-orang dapat mengetahui waktu dengan melihat ke dalam kendi/jambangan tersebut.
Jam air memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jam matahari antara lain, dapat digunakan pada siang atau malam hari serta pada saat cerah atau gelap. Namun jam air tidak dapat digunakan pada saat musim dingin karena air akan membeku pada saat suhu rendah.
Jam air yang paling canggih adalah jam air yang dibuat oleh Al-Jaziri pada masa kejayaan Islam yaitu pada tahu 1136-1206. Jam air ini memiliki bentuk gajah dan bisa menghasilkan suara setiap jamnya. Jam ini disebut sebagai Castle Clock. Jam ini merupakan jam pertama dengan reaksi otomatis dalam interval waktu. Jam ini menggunakan sebuah robot manusia (humanoid) yang membentur gembreng dan sebuah robot burung mekanik akan secara otomatis bersiul. Menurut Al-Hassan dan Hill, jam air ini dikenal sebagai jam pertama yang bisa merekam waktu secara akurat untuk menyesuaikan lamanya hari yang tidak sama sepanjang tahun.


4.     Jam Analog dan Jam Digital


   Jam Digital
Jam analog dan jam digital merupakan contoh dari jenis jam yang masih digunakan oleh manusia hingga saat ini. Namun tidak ada yang tahun kapan tepatnya jam analog dan jam digital ini mulai ditemukan. 





Jam Analog
            Jam analog merupakan jam yang memiliki jarum ditengahnya dan berputar secara terus menerus dalam menunjukkan waktu pada saat itu. Sedangkan, jam digital merupakan jam yang menunjukkan waktu dengan memperlihatkannya dalam bentuk angka tersebut secara langsung. Jam digital diciptakan untuk melengkapi kekurangan yang dimiliki jam analog. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jam digital adalah jam digital lebih mudah dibaca oleh manusia terutama anak kecil. Selain itu jam digital juga memiliki ketelitian yang lebih baik dibandingkan dengan jam analog.


5.     Jam Saku

Seiring berkembangnya pengetahuan manusia dalam bidang teknologi, maka jam pun semakin berkembang. Seorang pembuat kunci yang berasal dari Nurnberg, Jerman, Petrus Helein membuat jam saku pertama di dunia pada tahun 1524. Lalu jam saku yang telah dibuat oleh Helein dikembangkan oleh Jawal Al-Din sekitar tahun 1556. Kemudian jam saku tersebut disempurnakan kembali oleh Mansyur Sheyh Dede pada tahun 1702. Akurasi dari jam saku pun semakin meningkat dari waktu ke waktu.
Jam saku merupakan jam yang sering digunakan oleh kaum pria-pria era victorian pada saku kemeja mereka. Jam saku ini merupakan sebuah jam yang berukuran lebih kecil dibandingkan jam tangan dan juga tidak memiliki tali seperti yang dimiliki oleh jam tangan. Namun jam ini memiliki rantai pendek yang digunakan sebagai pengait agar jam saku dapat dikaitkan di pakaian sang pemilik. Terdapat 2 jenis jam saku, yaitu yang menggunakan penutup berengsel maupun yang tidak dilengkapi dengan penutup. Penutup berengsel berguna untuk melindungi permukaan jam dari goresan yang dapat memperburuk tampilan jam tersebut. 


6.     Jam Weker
Jam weker tentu sangat akrab di telinga kita hingga saat ini. Jam weker biasanya digunakan bagi masyarakat agar mereka dapat bangun tepat waktu sehingga mereka tidak terlambat untuk melaksanakan kegiatan mereka. Jam weker merupakan jam yang dilengkapi dengan alarm atau lonceng yang dapat kita atur agar jam tersebut berbunyi pada jam dan menit yang telah kita tentukan.
Hampir seluruh jam weker mekanis memiliki sebuah tombol di antara dua lonceng tersebut yang jika ditekan akan mematikan jam weker tersebut. Selain itu pada jam weker mekanis juga terdapat tiga buah jarum yaitu jarum yang pendek, jarum yang panjang, dan jarum yang menunjukkan kapan jam weker tersebut akan berbunyi.
Jam weker mekanis pertama kali dibuat oleh pengrajin jam yang berasal dari New Hampshire bernama Levi Hutchins pada tahun 1787. Jam weker mekanis tersebut tidak berukuran kecil seperti jam weker yang dapat kita temukan sekarang. Jam weker tersebut memiliki tinggi  73 cm dan lebar 36 cm. Namun jam tersebut hanya berbunyi pada pukul 04.00 pagi di saat sang penciptanya tersebut harus bangun untuk memulai kegiatannya. Selain itu, Hutchins tidak tertarik untuk menjual jam weker buatannya tersebut. Namun saat itu jam weker sangat dibutuhkan karena orang-orang perlu untuk bangun pagi. Akhirnya pada tahun 1876, Seth E Thomas dari Thomaston Connecticut menciptakan jam weker yang  menerima hak paten pada tanggal 24 Oktober 1876 untuk jam yang dapat diatur agar berbunyi pada waktu yang telah diatur.
Seiring dengan perkembangan zaman, kini jam weker telah digunakan pada berbagai media termasuk pada media komunikasi seperti telepon genggam saat ini.


7.     Jam Tangan
Jam tangan merupakan kelanjutan dari perkembangan jam saku. Jam saku dianggap tidak terlalu efisien ketika seseorang membutuhkan jam ketika sedang terburu-buru. Oleh karena itu mulailah jam tangan dibuat. Pada tahun 1600-an jam tangan atau arloji mulai dibuat. Pada jaman ini, banyak model jam tangan dibuat dalam bentuk hewan, ataupun bertema religi maupun objek yang disukai oleh sang pengguna. Lalu pada tahun 1620, kaca mulai digunakan sebagai pelindung luar (casing) dari jam tangan tersebut. Sistem penggerak jam tangan pun mulai diterapkan pada tahun 1635. Lalu dalam kurun waktu 1650 hingga 1675, seseorang bernama Christian Huygnes menemukan hukum pendulum dan sistem penggerak “Remontoire” (yang berarti angin dalam bahasa Perancis). Ia merupakan orang pertama yang berhasil membuat jam pendulum yang akurat dan juga orang yang memperkenalkan sistem keseimbangan roda dan perakitan pegas.
Dari waktu ke waktu penemuan-penemuan tersebut semakin berkembang hingga akhirnya pada tahun 1810, Breguet pertama kalinya membuat jam tangan seperti jam tangan yang kita pakai pada saat ini. Pada saat ini, jam tangan pun telah memiliki berbagai jenis mulai dari jam tangan digital dan jam tangan analog. Selain itu saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba membuat jam tangan dengan kualitas terbaik seperti swatch, rolex, casio, dan masih banyak merk-merk jam tangan ternama lainnya. 


8.     Jam Dinding

Jam dinding diduga muncul pada sekitar tahun 1600-an. Pada awalnya, jam dinding terbuat dari bahan kuningan yang tergantung pada dinding dengan bantuan tali dan juga rantai. Namun karena bahan kuningan yang cukup mahal maka hanya keluarga raja dan ratu saja yang dapat memiliki jam dinding di dinding rumah maupun di dinding istana mereka. Selain itu, pengrajin membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk menyelesaikan sebuah jam dinding.
Namun seiring dengan berjalannya waktu, jam dinding pun semakin berkembang menjadi barang yang tidak semewah pada zaman dahulu. Pada saat ini jam dinding dapat dibuat dengan berbagai bahan dan dapat dihiasi dengan berbagai hiasan seperti ukiran dan lain-lainnya. Kini jam dinding pun dapat dinikmati oleh berbagai kalangan di dunia.

9.     Jam Atom
Jam atom adalah sebuah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitungnya. Standar frekuensi atom terbaik sekarang ini berdasarkan fisika yang lebih maju melibatkan atom dingin dan air mancur atomik.
National Institute of Standards and Technology mempertahankan keakuratan 10-9 detik per hari, dan ketepatan yang sama dengan frekuensi radio pemancar yang memompa maser. Jam ini mempertahankan skala waktu yang stabil dan berkelanjutan, yaitu International Atomic Time. Untuk penggunaan masyarakat, skala waktu lainnya digunakan, Coordinated Universal Time. UTC diturunkan dari TAI, tetapi disinkronisasi dengan lewatnya hari dan malam berdasarkan pengamatan astronomikal.
Jam atom pertama dibuat pada 1949 di National Bureau of Standards AS. Jam atom pertama yang akurat, berdasarkan transisi dari atom caesium-133, dibuat oleh Louis Essen pada 1955 di National Physical Laboratory di Britania. Hal ini menyebabkan persetujuan internasional yang menjelaskan detik sebagai dasar dari waktu atomik.
Pada Agustus 2004, ilmuwan NIST mempertunjukkan sebuah jam atom skala-chip. Menurut para periset, jam ini seukuran seperseratus dari jam lainnya yang telah ada sebelumnya. Dan merka menyatakan bahwa jam ini hanya memperlukan 75 miliwatt, membuatnya cocok untuk alikasi yang mengunakan baterai.
Jam radio modern menggunakan jam atom sebagai referensi, dan menyediakan sebuah cara mendapatkan waktu yang disediakan oleh jam atom berkualitas tinggi di wilayah yang luas dengan peralatan yang tidak mahal.
Jam telah mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Namun kini jam masih mungkin mengalami perkembangan teknologi yang semakin canggih lagi hingga beberapa tahun ke depan. Terima kasih saya ucapkan bagi para penemu jam yang memberikan kami kemudahan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Semoga para generasi penerus dapat mengembangan teknologi jam agar lebih maju di kemudian hari. 

SEJARAH PERKEMBANGAN ALAT KOMUNIKASI DARI MASA KE MASA

Sejak jaman dahulu manusia telah menciptakan berbagai alat dalam melakukan komunikasi khususnya media komunikasi jarak jauh untuk mendapatkan informasi atau tujuan lainnya tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat tujuan untuk mengetahui informasi tersebut. Pernahkah kamu bayangkan, apa jadinya jika sejarah perkembangan komunikasi sama sekali tidak pernah terjadi? Bagaimana caranya seseorang menyampaikan keinginannya terhadap sesuatu kepada orang lain jika keberadaan komunikasi tidak pernah hadir. Rasanya, sulit sekali membayangkan hal tersebut, bukan?
Untung saja, manusia sebagai mahluk sosial yang memiliki keunggulan akal dibanding mahluk Tuhan lainnya memiliki cara pintar untuk saling memahami satu sama lain. Ya, komunikasi. Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami perubahan di setiap masa. Mulai zaman prasejarah hingga era modern seperti saat ini. Langsung saja ini merupakan sejarah perkembangan alat komunikasi dari masa ke masa yang telah diciptakan manusia untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah dan maksimal.

1.      Merpati Pos
Merupakan alat komunikasi dengan menggunakan burung merpati sebagai mengantar surat atau pesan, Merpati dipilih karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang, metode ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. Pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirimkan pesan sekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. Orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade melalui merpati pos. pada masa perang dunia pertama (1914-1918) pun pasukan Amerika menggunakan permati pos untuk komunikasi.


2.     Telegraf
Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. pesan pertamanya dikirim pdaa 6 Januari 1838. pesan yang dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.
Untuk keperluaan peperangan, media ini sangat diperlukan agar pesan rahasia tetap terjaga. Pesan ini pun diistimewakan karena umumnya pesan tersebut adalah pesan penting. Perkembangan selanjutkan, media ini melahirkan media baru seperti teleprinting dan faksimile. Di Indonesai pemanfaatan telegraf dimulai sejak saluran telegraf pertama dibuka 23 Oktober 1855, oleh Pemerintah Hidia Belanda. Telegraf pun dapat dirasakan masyarakat di 28 kantor telegraf. Tidak hanya menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor), telegraf pun bisa menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan Australia.


3.       Telepon
Penemuan telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat. Telephon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Di Indonesia telephon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telephon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telephon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telephon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon) Dienst.
Seiring perkembangan, kebutuhan telekomunikasi meningkat jaringan telekomunikasi pun diperluas. Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite Corporation) mulai membangun jaringan telephon gelombang mikro. Dimulai dengan jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya, tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga mengungkinkan jaringan telephon Indonesia meluas hingga mencapai luar negara.


4.     Telegram
Telegram baru dipopulerkan pada tahun 1920-an. telegram barisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indag biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya ratau tahun baru.


5.      Pager
Pager atau radia panggil merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Sekarang mungkin sudah jarang ditemukan, tetapi alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa informasi dari kesehatan. Pager ditemukan tahun 1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu pager semakin berkembang.
Sebelum telephon seluler berkembang, pager digunakan sebagai pengganti untuk layanan telephon lokal dan internasional. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997. pelanggannya mencapai 800.000. namun karena harga perangkat yang terus menerus melambung pelangan pun perlahan menurun. Apalagi telah munculnya teknologi telephon seluler.



6.      Surat Eletronik (E-mail)
Merupakan sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya internet. Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan “mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.



7.      Internet
Rangkaian yang membentuk iuternet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983. ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal tahun 1990-an.
Tahun 1992 hingga 1994, beberapa nama muncul diawal pembangunan internet salah satu diantaranya Onno W. Purbo. Tahun 1994 IndoNet menjadi ISP (Internet Serveci Provider) komersial pertama di Indonesia. Saat ini pihak Pos dan Telekomunikasi belum melihat celah bisnis internet. Mulai 1995 mucul jasa akses Telnet ke luar negeri, sehingga pemakai internet di Indonesia bisa mengakses internet (HTTP).



8.      Telepon Genggam
Penemuan telephon genggam tak terlepas dari perkembangan radio. Berawal pada tahun 1921, Departemen Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan telephon mobil satu arah. Kemudian tahun 1940, Galvin Manucfatory Corporation (sekarang Motorola) mengembangkan Handle-talllkle SCR536 untuk keperluan komunikasi di medan perang saat perang Dunia II. Namun, penemuan telephon genggam yang sebenarnya terjadi pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp. telephon ini kemudian dikenal sebagai telephon genggam generasi pertama atau 1G. dari model inilah kemudian muncul telephon genggam berikutnya.
Tahun 1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms (short message service). Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi ini. Kini, teknologi telephon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) dan keempat (4G). teknologi ini memberikan jangkauan yang lebih luas lagi termasuk internet. Fitur telephon seluler pun bahkan mendekati fungsi PC. Bahkan untuk teknologi 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. di Indonesia, teknologi telephon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT).
Telephon genggam pun mulai beredar tahun 1985-1992, tetapi dengan bentuk yang masih besar dan berat. Tahun1993, PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital GSM (Global System for Mobile) yang dimulai di dua pulau, Batam dan Bintan. Setahun kemudian (1994) operator GSM pertama di Indonesia beroerasi melalui PT Satelindo. Selanjutnya mulai bermunculan operator GSM lainnya.

 

9.     Pesan Instan (Instant Messaging)
Merupakan sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time). Istilah pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), Google dan Microsoft (Windows Live Messenger). Bermula ketika orang-orang marak menggunakan teknologi secara online awal tahun 1990. para pengembang peranti lunak menciptakan software chat room, yakni suatu grup atau perseorangan bisa mengirimkan pesan kepada setiap orang di 'room' tersebut. Tahun 1996, pesan instan ini meledak saat diperkenalkan ICQ, sebuah pesan gratis. Namun AOL, menjadi pionir dalam kemunitas online pada tahun 1997, karena AOL bisa memberikan kemampuan pengguna berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah semakin berkembang perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan instan.



10.                         Mobile Chat Messenger

Hampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang tidak bisa disebutkan satu per satu.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Artikel TIK. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates